Pages

Kamis, 04 Oktober 2012

Kopi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Apakah anda pecandu kopi ??? atau malah anda menghindari minuman yang satu ini. Kopi minuman enak yang menenangkan. Minuman ini yang hampir selalu jadi pilihan saat kita butuh dorongan meningkatkan semangat atau mengantuk sementara masih banyak hal yang harus kita kerjakan. Meskipun kandungan kafeinnya bisa berrdampak negatif dan membuat candu tapi tahukah anda bahwa Kopi juga memiliki banyak manfaat  bagi kesehatan. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari kopi( hanya berlaku untuk kopi hitam ) :


1. Dapat merendahkan risiko kanker prostat
Bagi para pria, hal ini merupakan hal yang menggembirakan. Sebuah studi yang dilakukan Harvard School of Public Health menunjukkan pria yang minum 6 cangkir kopi sehari memiliki pengurangan kesempatan terkena bentuk mengerikan dari kanker prostat sebesar 60%,  serta 20% pengurangan kesempatan terkena bentuk kanker prostat lainnya.

2. Melindungi Anda dari diabetes
Menurut Archives of Internal Medicine, meminum kopi dihubungkan dengan lebih rendahnya risiko diabetes tipe 2.

3. Mengurangi risiko terkena Parkinson
Menurut studi dalam American Journal of Epidemiology, pria yang meminum setidaknya 6 cangkir kopi sehari mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson sebesar 63% dibandingkan mereka yang tidak meminum. Sayangnya, penelitian untuk wanita perlu dilakukan lebih lanjut.

4. Mengurangi risiko terkena kanker kulit
Suatu laporan dalam konferensi American Association for Cancer Research mengatakan bahwa semakin banyak kopi yang diminum, semakin kecil risiko terkena bentuk paling umum dari kanker kulit, basal-cell carcinoma.

5. Mengurangi risiko terkena stroke
Sebuah studi menemukan bahwa meminum 5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko terkena stroke sebesar 25%. Studi ini dilakukan terhadap 34,670 partisipan selama 10 tahun.

6. Mengurangi depresi
Sebuah studi yang dilakukan terhadap 50,739 partisipan menemukan bahwa

7. Membantu penyembuhan hepatitis C
Orang yang meminum 3 cangkir kopi sehari selama mengikuti perawatan untuk hepatitis C akan lebih memberi respon positif terhadap perawatan tersebut dibandingkan mereka yang tidak.

8. Mengurangi sakit otot sehabis olahraga
Takaran kafein dalam 2 cangkir kopi dapat mengurangi sakit otot sehabis olahraga hampir sebesar 50%.

9. Menstimulasi pernapasan
Bagi mereka yang menderita asthma/bronkitis, kandungan kafein dalam kopi dapat menstimulasi saluran udara yang dapat berdampak baik bagi pernapasan.

10. Kaya antioksidan
“Makanan yang kaya akan antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat merangsang sel untuk mendorong timbulnya kanker,” kata Karen Scheuner, seorang terapis nutrisi.

11. Membantu menurunkan berat badan
Berita baik: kopi bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Kopi dapat meningkatkan metabolisme Anda, yang pada akhirnya mempercepat pembakaran kalori. Namun yang dimaksud adalah kopi tanpa creamer, gula, dan susu!

Jadi jangan ragu untuk mencobanya dan dapatkan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar